Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Environmental Conservation, Cara Mahasiswa Universitas Brawijaya Pengabdian kepada Masyarakat dan Lingkungan

Environmental Conservation, Cara Mahasiswa Universitas Brawijaya Pengabdian kepada Masyarakat dan Lingkungan
Bicara Blitar--
Mahasiswa dari program studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya punya cara tersendiri dalam mengabdikan diri kepada masyarakat dan lingkungan. Mereka menggelar Environmental Conservation, selama enam hari, 14 sampai 19 Agustus 2023.

Kegiatan itu merupakan kerjasama dengan Pemerintah Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Environmental Conservation pada tahun 2023 mengangkat tema 'Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi Kehutanan Brawijaya Pada Kawasan Karst'.

Rangkaian Kegiatan 

Environmental Conservation 2023 dimulai dengan acara pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2023 yang bertempat di balai Desa Serang. 

Kegiatan ini memiliki 3 rangkaian yaitu Taman Rimbawan Cilik (TRC), Eksplorasi, dan Monev (monitoring and evaluation).

Rangkaian pertama dari Environmental Conservation 2023 yaitu Cilik (TRC) yang berlangsung pada tanggal 15-16 Agustus 2023. 

TRC merupakan program pengabdian masyarakat terkait pengenalan pendidikan konservasi untuk anak-anak di SDN 02 Serang yang dikemas dengan pembelajaran menarik, ceria dan menyenangkan.

Rangkaian kedua, dari kegiatan ini yang berupa kegiatan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen Kehutanan UB. Itu dimaksudkan untuk membantu masyarakat Desa Serang terkait pengembangan arboretum dan pengelolaan sumber daya air.

Selanjutnya rangkaian terakhir dari Environmental Conservation 2023, yaitu kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan di Arboretum Serang. 

Monitoring dan evaluasi pada periode kali ini sebagai penandaan terhadap arboretum dan selanjutnya merupakan peresmian dengan berbagai instansi pemerintah.

Menggali Potensi Desa 

Ketua Pelaksana Kegiatan Environmental Conservation 2023, Bariq Fathi Yusmar bilang, kalau kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menggali dan mengembangkan potensi Desa Serang. 

Apalagi, kata dia, kegiatan itu juga relevan dengan penerapan tri dharma perguruan tinggi yang bertujuan untuk menciptakan civitas akademika yang memiliki kemampuan berpikir kreatif, inovatif, sekaligus mandiri. 

"Mahasiswa diharapkan dapat membangun bangsa dari berbagai sektor seperti pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," katanya, Sabtu, 12 Agustus 2023.