Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Kunang-kunang Mudah Ditemukan di Area Pemakaman?

Mengapa Kunang-kunang Mudah Ditemukan di Pemakaman?
Bicara Blitar--
Ada yang berpikiran atau enggak, mengapa kunang-kunang lebih mudah ditemukan di area pemakaman dari pada di persawahan.

Kunang-kunang sendiri jadi salah satu indikator untuk mengukur kualitas tanah. Kalau masih ada kunang-kunang berarti kualitas tanah di lokasi tersebut masih terjaga.

Mudah Ditemukan di Pemakaman 

CEO Tari Remen Budaya (TRB) Dimas Bagus Pratama bilang, kalau kunang-kunang menyukai makanan yang mengandung fosfor. Kandungan fosfor mudah ditemukan pada jamur pada tanaman tegak.

"Pohon kamboja mengandung fosfor alami sebagai makanan kunang-kunang," kata Dimas, Sabtu, 22 Juli 2023, usai kegiatan tur ke Blitar dari Nusantara Code.

Soal mudah ditemukan di pemakaman, Dimas bilang, tanah pemakaman merupakan tanah yang bagus karena mengandung banyak fosfor alami. Sehingga kunang-kunang lebih sering ditemukan di pemakaman.  

"Jadi kesimpulannya adalah, di situ terdapat banyak kunang-kunang, di situlah tanahnya mengandung fosfor alami yang baik bagi tumbuhan," ujarnya.

Manfaat Fosfor

Kandungan fosfor sendiri punya manfaat besar untuk tanaman, karena sebagai sebagai zat pengaktif pertumbuhan tanaman, dan merangsang pertumbuhan bunga jadi lebih cepat. 

Fosfor sangat berpengaruh pada perbaikan struktur akar sehingga penyerapan nutrisi pada tumbuhan menjadi lebih baik. 

Tanaman yang kekurangan fosfor dapat terlihat dari daunnya yang mulai mengering dan hangus, pertumbuhan daun jadi kecil dan rontok.

"Nah, selain menjadi sumber energi fosfor juga berperan sebagai pembentuk membran sel. Bagi hewan fosfor berguna sebagai penyokong tulang dan gigi," ungkapnya.

Penulis: Raju Tirawhida Sektiana - Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar