Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Soto Pak Tukimin, Langganan Mantan Wapres Boediono saat di Blitar

Mengenal Soto Pak Tukimin, Langganan Mantan Wapres Boediono saat di Blitar
Bicara Blitar--
Saat pulang ke Blitar untuk nyekar ke makam keluarganya, mantan Wapres RI selalu meluangkan waktunya untuk makan di Warung Soto Pak Tukimin.

Lokasi warungnya ada di Jalan Kalibrantas, Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Berdekatan dengan Masjid Ar-Rahman, dan Wisata Sumber Udel.

Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat masih jadi presiden ini sudah berlangganan soto sejak masih duduk di bangku SMP.

"Dulu saat masih di SMPN 1 Blitar, Pak Boediono biasa makan soto ini. Meskipun lokasi warungnya tidak di sini," kata Suyanto (63), salah satu pengelola Soto Pak Tukimin, Rabu, 26 Juli 2023.

Menurut Suyanto, karena sudah berpindah domisili ke Jakarta, Boediono akhirnya jarang untuk makan soto tersebut. Sekalinya makan biasanya hanya setahun sekali saat nyekar di Blitar.

Saat menjadi Wapres RI 2009 - 2014, Boediono juga masih makan di Soto Pak Tukimin. Kedatangannya waktu itu disambut meriah warga Blitar.

"Tidak ke sini pas waktu Covid-19 kemarin. Tapi pas awal tahun 2023 ini juga mampir ke sini untuk makan bareng keluarga," jelasnya.
Mengenal Soto Pak Tukimin, Langganan Mantan Wapres Boediono saat di Blitar
Selain punya cerita menarik karena menjadi langganan mantan Wapres RI Boediono, soto ini juga legendaris di Blitar, soalnya sudah berdiri sejak tahun 1948.

Dahulu warung soto ini berlokasi di Balai Rakyat atau sekarang biasa dikenal sebagai Graha Patria. Di lokasi itu Soto Pak Tukimin berjejer dengan kuliner yang lain.

Buka pagi sampai sore, soto ini tetap memiliki pelanggan setia. Apalagi rasa yang disajikan juga enak di lidah, dan harganya juga lumayan terjangkau.

Pembeli cukup mengeluarkan uang Rp 10 ribu untuk satu porsi soto ayam, dan Rp 13 ribu untuk seporis soto daging. Jadi enggak bakal menguras kantong.