Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlu Diperhatikan, Tips Sahur Bagi Pemula

Perlu Diperhatikan, Tips Sahur Bagi Pemula
Bicara Blitar--Bagi kamu yang sedang berpuasa perlu memerhatikan tips-tips berikut ini saat sahur:


Waktu Sahur:

Makan sahur minimal 1-2 jam sebelum imsak. Hal ini untuk memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi.

Kemudian juga bangun lebih awal. Agar tidak terburu-buru dan bisa makan dengan tenang. Jangan lupa siapkan makanan sahur dari malam hari. Ini untuk menghemat waktu dan menghindari terburu-buru di pagi hari.

Menu Sahur:

Konsumsi makanan bergizi seimbang. Terdiri dari karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, atau oatmeal.

Karbohidrat kompleks dicerna lebih lambat sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama. Konsumsi protein seperti telur, ayam, ikan, tempe, atau tahu.

Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Pilih lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, atau minyak zaitun. Lemak sehat membantu tubuh merasa kenyang dan memberikan energi.

Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk tubuh. Minum air putih yang cukup. Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk menjaga tubuh terhidrasi.

Tips Lainnya:


Hindari makanan yang tinggi gula dan garam. Makanan yang tinggi gula dan garam dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat tubuh merasa lemas. Hindari makanan yang pedas dan asam. Makanan yang pedas dan asam dapat menyebabkan iritasi lambung.

Tidur yang cukup. Tidur yang cukup membantu tubuh untuk beristirahat dan memulihkan energi.

Contoh Menu Sahur:

Nasi merah, ayam goreng, tempe orek, sayur lodeh, dan buah-buahan.
Roti gandum, telur rebus, yogurt, dan buah-buahan. Oatmeal, susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan buah-buahan.