Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Sungai Besar di Kabupaten Blitar

5 Sungai Besar di Kabupaten Blitar
Bicara Blitar--
Wilayah Kabupaten Blitar dilalui oleh beberapa aliran sungai. Berikut ini sejumlah sungai besar yang ada di Kabupaten Blitar:

1. Sungai Brantas 

Sungai Brantas merupakan sungai terpanjang kedua di Jawa setelah Sungai Bengawan Solo. Sungai ini berhulu di Batu, Jawa Timur dan bermuara di Selat Madura. Sungai Brantas mengalir melalui beberapa wilayah di Jawa Timur, termasuk Blitar.

2. Sungai Lodagung

Sungai Lodagung merupakan anak sungai dari Sungai Brantas. Lodagung juga biasa disebut dengan saluran buatan yang membentang dari Blitar sampai Tulungagung. Sungai Lodagung terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri.

3. Sungai Lekso

Sungai merupakan sungai yang berukuran besar lain di Kabupaten Blitar. Sungai ini berhulu di Gunung Butak dan bermuara di Sungai Brantas. Sungai Lekso terkenal dengan wisata arung jeramnya.

4. Kali Bladak

Kali Bladak merupakan sungai yang berbulu di Gunung Kelud. Apabila ada hujan deras sungai ini biasa dilewati oleh aliran lahar dingin dari gunung berapi tersebut. Material yang ada di dunia ini juga biasa dimanfaatkan oleh penambang.

5. Kali Putih

Tidak hanya Kali Bladak yang menjadi aliran lahar dingin Gunung Kelud, ada Kali Putih yang punya peran serupa. Sungai yang melewati Kecamatan Garum, Gandusari hingga Talun ini juga biasa dimanfaatkan materinya oleh para penambang non logam.