Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dr Syaikhul Munib Sampaikan Materi pada Sekolah Pemikiran Islam yang digelar PC PMII Blitar

DR Syaikhul Munib Sampaikan Materi pada Sekolah Pemikiran Islam yang digelar PC PMII Blitar
Bicara Blitar--
Pengurus Cabang (PC) PMII Blitar Raya menggelar kegiatan Sekolah Pemikiran Islam di Mushola Baitul Muhtadin yang berlokasi di Desa Tlogo, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Ahad, 24 Maret 2024.

Dalam kesempatan itu, Plt Kasi Pendma Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar, Dr Syaikhul Munib menyampaikan materi terkait pengaruh pemikiran Islam di dunia terhadap perkembangan pemikiran Islam di Indonesia.

Laki-laki jebolan pendidikan doktoral Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (Satu) ini menyampaikan aliran-aliran pemikiran Islam secara rinci kepada puluhan mahasiswa yang hadir.

Ada delapan aliran pemikiran Islam yang disampaikan, antara lain: Syiah, Khawarij, Murjiah, Qodariyah, Jabariyah, Mu'tazilah, Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja), dan Trans Nasional.

Dirinya mengatakan, dalam sebuah hadits disampaikan, umat Nabi Muhammad Saw akan terpecah menjadi 72 golongan, semuanya akan menjadi ahli neraka, kecuali satu golongan, yakni Ahlussunah wal Jamaah.

Oleh karena itu, dalam mengamalkan pemikiran Islam, para mahasiswa harus berhati-hati dalam memilih, sehingga tidak terjerumus pada aliran pemikiran yang tidak tepat.

Tak lupa, dirinya juga berpesan agar mahasiswa ini terus aktif dalam berorganisasi, sebab manfaat dalam berorganisasi bakal terasa. Apalagi manfaatnya bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.