Selama 6 Hari, Mahasiswa Kehutanan UB Gelar Environmental Conservation

Selama 5 Hari, Mahasiswa Kehutanan UB Gelar Environmental Conservation
(Dok. Mahasiswa Kehutanan UB)
Bicara Blitar--
Selama 6 hari, sejak 14 sampai 19 Agustus 2023, mahasiswa program studi Kehutanan Universitas Brawijaya (UB) Malang menggelar kegiatan Environmental Conservation 2023 di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.


Dalam kegiatan yang mengangkat tema “Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi Kehutanan Brawijaya pada Kawasan Karst”. itu mereka bekerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Serang.

Tujuan Environmental Conservation

Ketua Pelaksana Kegiatan Environmental Conservation 2023, Bariq Fathi Yusmar bilang, tujuan dilaksanakannya Environmental Conservation untuk melakukan upaya mitigasi sektor kehutanan dan lahan.

Upaya itu, kata dia, seperti yang ditulis pada orasi ilmiah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya pada poin restorasi dan rehabilitasi hutan dan poin penerapan praktik pengelolaan hutan lestari.

Rangkaian Kegiatan 

Kemudian, guna mendukung keberhasilan kegiatan "Environmental Conservation" dilaksanakan 3 rangkaian. Berikut rangkaian kegiatannya:

Kegiatan Taman Rimbawan Cilik, berfokus pada pengajaran kepada anak-anak Sekolah Dasar mengenai pengenalan hutan, penanaman, dan pembelajaran mengenai sumber mata air. Kegiatan ini dilakukan di SDN 2 Serang pada tanggal 15-16 Agustus 2023.

Kegiatan Eksplorasi, kegiatan ini dibagi menjadi beberapa kegiatan di berbagai lokasi. Keluaran dari kegiatan eksplorasi yaitu berupa diperolehnya data dan informasi hasil eksplorasi yang nantinya dapat menunjang pengembangan potensi Desa Serang kedepannya. 

Sebagian besar kegiatan berlokasi di Arboretum dan sumber mata air di Desa Serang pada 16-19 Agustus 2023.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi, merupakan kegiatan utama dari lanjutan Environmental Conservation pertama yang mengangkat tema ekosistem berkelanjutan serta menjadi penutup dari keseluruhan rangkaian kegiatan. 

Hasil monev ini berupa barcode dan website mengenai identifikasi spesies pohon serta adanya instalasi air arboretum. Kegiatan ini dilakukan di Arboretum Desa Serang pada 15-19 Agustus 2023.

Apresiasi dari Kades Serang

Kepala Desa Serang, Dwi Handoko mengatakan, ke depannya akan dilakukan perawatan secara rutin bersama bersama Kehutanan UB untuk kesuksesan program Environmental Conservation.

Dia juga berharap melalui kerjasama dan gotong royong Desa Serang dengan Program Studi Kehutanan UB dapat terus berlanjut dan kelak Arboretum Desa Serang dapat dinikmati oleh generasi penerus desa.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Environmental Conservation 2023, mahasiswa Program Studi Kehutanan Universitas Brawijaya selaku civitas akademika dapat mengimplementasikan keilmuan di bidang kehutanan untuk membantu program desa dan pemerintah dalam upaya FOLU NET SINK 2030, serta dapat menunjang pengembangan potensi Desa Serang.
Lebih baru Lebih lama

Ikuti Kami di Google News

Magspot Blogger Template

Iklan

Magspot Blogger Template

نموذج الاتصال