Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Istilah dalam Pemerintahan yang Sering Diucapkan, Apa Saja Artinya

5 Istilah dalam Pemerintahan yang Sering Diucapkan, Apa Saja Artinya
(Dinosapta/Unsplash)
Bicara Blitar--
Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari tentu tidak bisa lepas dari urusan pemerintahan. Pemerintah berfungsi sebagai pelayan dan pengambil kebijakan.

Namun, ada sejumlah istilah yang patut untuk diketahui agar bisa memahami kata-kata yang sering diucapkan. Menjadi hal yang tidak baik apabila kita sering mengucapkan, namun tidak tahu artinya.

Berikut ini 5 istilah dalam dunia pemerintahan yang perlu untuk diketahui:

1. Akuntabilitas

Istilah akuntabilitas sudah biasa dilontarkan para pejabat maupun masyarakat. Makna dari akuntabilitas ialah segala sesuatu yang dipertanggungjawabkan disertai bukti yang lengkap. 

Setiap instansi pemerintah wajib hukumnya menerapkan prinsip akuntabilitas demi terselenggaranya pemerintahan yang baik. Kemudian integritas 

2. Berakhlak 

Mungkin kamu tidak asing dengan istilah Aparatur Sipil Negara (ASN) harus Berakhlak. Namun siapa sangka Berakhlak itu merupakan akronim dari gabungan beberapa kata, yang merupakan core dari ASN.

Berakhlak yang dimaksud adalah Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. 

3. Birokrasi 

Istilah lain yang perlu diketahui ialah birokrasi. Kata ini sudah menjadi istilah yang diucapkan sejuta umat. Misalnya mengeluh sistem birokrasi yang rumit.

Pengertian dari birokrasi sendiri ialah kekuasaan yang dipegang oleh orang-orang yang ada di belakang meja. Mereka disebut birokrat.

4. DAK

DAK itu merupakan Dana Alokasi Khusus, yakni dana yang diambil dari anggaran negara lalu dialokasikan untuk daerah. Usai dialokasikan baru digunakan untuk membantu program-program di daerah seperti pendidikan, kesehatan, atau infrastruktur.

Jadi, jangan kalau nanti waktu ada kegiatan tertentu lalu disebut istilah DAK yang digunakan untuk program tertentu.

5. Eselon 

Eselon adalah sebuah tingkatan jabatan yang struktural dalam dunia kerja pemerintahan. Dengan kata lain eselon berfungsi seperti pangkat yang dimiliki seorang PNS maupun ASN.
Muhammad Thoha Ma'ruf
Muhammad Thoha Ma'ruf gampang typo.