5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Liburan Akhir Tahun

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Liburan Akhir Tahun
foto: unsplash/Muhammad Thoha Ma'ruf 
Bicara Blitar--
Akhir tahun sebentar lagi datang. Liburan akhir tahun dinanti-nanti banyak orang untuk berlibur bersama teman maupun orang-orang tersayang.

Liburan akhir tahun memiliki keistimewaan, yakni akan ada perayaan pergantian malam tahun baru. Momen setahun sekali yang begitu spesial.

Tidak heran apabila banyak obyek wisata yang dipadati wisatawan untuk menghilangkan penat.

Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapakan sebelum Anda berlibur:

1. Siapkan Uang Saku

Uang saku sangat penting selama liburan. Tentu semua tahu uang saku menjadi dana penunjang ditempat liburan, seperti biaya transportasi, biaya tiket masuk, biaya makan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan uang saku dengan baik sebelum berlibur pada akhir tahun.

Tak hanya itu, hal penting lainnya adalah membagi jenis pengeluaran selama liburan. Anda perlu mengelompokkan pengeluaran berdasarkan kebutuhan premier maupun sekunder.

2. Jaga kesehatan

Liburan akhir tahun tidaklah menyenangkan jika dijalani saat kondisi tubuh sedang sakit. Jadi, hal yang harus dilakukan adalah menjaga kesehatan tubuh. Seperti mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur secukupnya dan minum air putih.

Dengan tubuh yang tetap sehat membuat liburan menjadi menyenangkan. Selain itu, kondisi tubuh yang fit akan siap untuk mencoba berbagai objek wisata yang ada. Jadi, anda bisa mencoba dan mengunjungi banyak objek wisata karena tubuh anda tetap sehat.

3. Tentukan Tujuan Tempat Berlibur

Sebelum berlibur alangkah baiknya juga menentukan tujuan tempat wisata terlebih dahulu. Karena untuk menyesuaikan dengan uang saku. Jika belum menentukan tujuan tempat berlibur, Anda bisa menentukan tempat untuk menghabiskan liburan.

Jika kebingungan mencari tempat wisata yang dituju bisa mencari referensi yang menarik. Bisa melalui internet ataupun media-media yang lain.

4. Tentukan Transportasi


Kemudian siapkan akomodasi transportasi dan tempat menginap sebelum berlibur. Karena ini penting agar liburan Anda menyenangkan dan selama berlibur bisa terasa nikmat.

Jika menggunakan transportasi umum seperti kereta api dan pesawat, Anda harus membeli tiket pulang pergi jauh-jauh hari biar tidak kehabisan. Sayang sekali kan jika sudah menentukan tujuan wisata dan mempersiapkan uang saku akan tetapi gagal berlibur karena kehabisan tiket kereta dan tiket pesawat.

Akan tetapi jika menggunakan kendaraan pribadi maka Anda harus memastikan kendaraanya siap untuk dipakai berpergian. Service kendaraan anda sebelum dipakai liburan.

Seperti mengganti oli, memeriksa kondisi ban, mengecek kondisi perangkat pengereman dan mengecek kelistrikan. Jangan sampai selama liburan kendaraan Anda mogok di tengah perjalanan.

5. Tentukan Tempat Menginap

Dan persiapan yang terakhir adalah menentukan tempat menginap selama liburan. Booking penginapan jauh-jauh hari biar tidak kehabisan kamar. Selain itu, dengan booking penginapan jauh-jauh hari harganya lebih murah dibandingkan memesan saat hari liburan.

Selain itu, saat menentukan tempat menginap usahakan pilih penginapan yang dekat atau dalam satu wilayah tempat wisata. Ini akan bermanfaat dalam pengeluaran, karena jika bisa berjalan kaki ke tempat wisata dari penginapan Anda tidak perlu uang tambahan untuk transportasi.

Itulah 5 tips untuk mempersiapkan liburan akhir tahun Anda. Dan yang tak kalah penting pastikan tetap menjalankan protokol pencegahan penularan Covid-19 selama menjalani liburan, yaitu memakai masker, jaga jarak (social distancing), & rajin mencuci tangan atau membawa hand sanitizer. Semoga liburannya menyenangkan.
Lebih baru Lebih lama

Ikuti Kami di Google News

Magspot Blogger Template

Iklan

Magspot Blogger Template

نموذج الاتصال