Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saat Para Ulama Pernah Menyucikan Diri di Kolam Area Pesantren Nurul Huda Kuningan

Saat Para Ulama Pernah Menyucikan Diri di Kolam Area Pesantren Nurul Huda Kuningan
Kolam yang ada di kawasan Ponpes Nurul Huda Kuningan. (foto: Bicara Blitar)
Bicara Blitar--Para ulama terdahulu ternyata pernah menyucikan diri di kolam yang ada di area ponpes Nurul Huda, Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.

Itu dikatakan generasi keempat Syekh Abu Hasan, Ali Hasan Bisri saat menceritakan ulang sosok Syekh Abu Hasan dari ayah dan neneknya.

Letak kolam tersebut memang berdekatan dengan sungai. Letaknya sekitar meter dari Masjid Nurul Huda, yang ada di area ponpes 

"Kolam itu dulunya memang dipakai oleh Syekh Abu Hasan untuk menyucikan diri," kata Hasan Bisri, Rabu 20 Juli 2022.

Dahulu, kata dia, pada saat sebelum sholat para ulama menyucikan diri di tempat tersebut. Bahkan Hadratussyaikh Hasyim Asy'ari juga pernah menyucikan diri di kolam tersebut. 

"Hasyim Asy'ari itu adalah santri dari Syekh Abu Hasan. Jadi hubungannya murid dan guru," jelasnya.

Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang notabene cucu dari Hasyim Asy'ari juga pernah datang ke ponpes Nurul Huda. Pada saat Gus Dur punya penglihatan yang masih baik, Presiden keempat RI tersebut juga pernah bersuci di kolam.
Saat Para Ulama Pernah Menyucikan Diri di Kolam Area Pesantren Nurul Huda Kuningan
Masjid Nurul Huda yang ada batu pijakan di depannya. (foto: Bicara Blitar)
Ada fakta menarik, dari Masjid Nurul Huda sampai kolam untuk bersuci ada batu yang berjumlah 99. Secara filosofi jumlahnya sama seperti Asmaul Husna.

Batu itu dibuat berbaris memanjang digunakan sebagai pijakan kaki saat melangkah dari kolam menuju masjid. Para ulama terdahulu juga melangkah di atas batu tersebut.


Muhammad Thoha Ma'ruf
Muhammad Thoha Ma'ruf gampang typo.