4 Jalan yang Wajib Dilewati saat Main ke Kota Blitar

4 Jalan yang Wajib Dilewati saat Main ke Kota Blitar
Perempatan Plosokerep, Kota Blitar. (foto: Muhammad Thoha Ma'ruf/Unsplash)
Bicara Blitar--Meskipun wilayahnya tidak terlalu luas. Kota Blitar tetap menyimpan aura tersendiri.

Kota Blitar tercatat sebagai daerah di Jawa Timur dengan luas terkecil nomor 2, setelah Kota Mojokerto.

Namun siapa sangka? Di balik wilayahnya yang tidak terlalu luas kota ini tetap menyimpan sejumlah pesonanya.

Berikut ini ada 4 jalan yang wajib dilewati saat berada di Bumi Bung Karno ini:

Jalan Ir Soekarno

Jalan ini merupakan jalan yang berada di depan Makam Bung Karno. Saat berziarah ke makam sang proklamator pasti akan melewati jalan yang satu ini.

Selain itu di jalan ini pula, terdapat salah satu tempat pendidikan tertua di Blitar, yaitu gedung PGSD, atau saat ini menjadi kampus 3 Universitas Negeri Malang (UM).

Tak lupa, di Jalan Ir Soekarno juga terdapat tempat yang mendapat julukan sebagai Malioboro-nya Blitar, yaitu City Walk Makam Bung Karno.

Jalan Veteran

Jalan yang membujur dari utara ke selatan ini merupakan salah satu tempat yang menjadi pusat pertokoan di Kota Blitar.

Tidak heran saat melintasi jalan ini banyak ditemukan pertokoan. Misalnya tempat jualan HP, servis HP, pusat penyedia makanan, maupun penyedia pakaian.

Di samping itu juga terdapat beberapa kedai kopi serta toko kelontong sepanjang jalan. Mata tak sudi untuk melirik kanan kiri melihat pemandangan pertokoan yang menarik.

Jalan Sudanco Supriyadi

Tak lengkap rasanya saat berkunjung di Kota Blitar tanpa melewati jalan yang satu ini. Ada beberapa bangunan bersejarah yang terdapat di depan jalan yang mengambil nama salah satu pejuang asal Blitar.

Tepat di depan jalan Sudanco Supriyadi, ada tiga bangunan bersejarah yang patut untuk dikunjungi.

Pertama adalah museum Peta yang mengenang perjuangan tentara peta dalam melawan tentara Jepang. Kedua adalah TMP Raden Wijaya, tempat di makamnya para pejuang tanah air.

Sementara yang terakhir, dan jarang diketahui oleh banyak orang adalah Monumen Potlot, yang menjadi tempat pengibaran bendera merah putih sebelum dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan di Jakarta.

Jalan Merdeka

Tidak elok rasanya saat berada di Kota Blitar tanpa melintasi jalan yang satu ini, karena ada pusat pemerintahan dan juga pusat keramaian penduduk.

Kantor Pemkot Blitar serta alun-alun Kota Blitar berada di Jalan Merdeka. Kedua tempat tersebut menjadi salah satu ikon yang tak dapat dipisahkan dari sebuah wilayah yang juga terkenal dengan buah blimbing ini.

Seperti halnya Jalan Veteran, Jalan Merdeka juga memiliki beberapa pusat pertokoan. Ada toko elektronik, pusat busana, mall maupun pusat kuliner yang bisa ditemukan di sini.

Lebih baru Lebih lama

Ikuti Kami di Google News

Magspot Blogger Template

Iklan

Magspot Blogger Template

نموذج الاتصال