Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lewat Acara Komunitas Teras Bahasa, Akademisi UNU Blitar Sampaikan Pentingnya Kesehatan Fisik Bagi Keluarga

Lewat Acara Komunitas Teras Bahasa, Akademisi UNU Blitar Sampaikan Pentingnya Kesehatan Fisik Bagi Keluarga
Bicara Blitar--Dosen jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, Peni Nohantiya menyampaikan pentingnya kesehatan fisik. Tanpa kesehatan fisik tubuh tidak akan prima dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Hal itu disampaikannya saat kegiatan Bisik (Bincang Asik) Parenting dengan tema "Sehat dan Bugar Bersama Keluarga" yang digelar komunitas Teras Bahasa di Aula Kampus I Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, Ahad, 10 Desember 2023.

Peni menjelaskan teori tentang bagaimana kita dapat menjaga kesehatan fisik. Selain itu, dia juga memberikan contoh-contoh kegiatan fisik yang biasa beliau lakukan bersama keluarganya.

"Yuk kita mulai rajin berolahraga, sebelum kita diolahragakan untuk menyembuhkan penyakit kita," katanya.

Dia menyebut, agar bisa mendapatkan pemahaman yang baik dalam kesehatan fisik maka diperlukan peningkatkan literasi terkait ilmu parenting pada bidang kesehatan dan kebugaran keluarga.

"Di sini juga diperlukan pentingnya asupan gizi seimbang untuk keluarga. Apa yang dikonsumsi anak saat ini, menentukan masa depan mereka," ujarnya.

Dilansir dari laman Kemenkes RI, ada sejumlah manfaat saat melakukan aktivitas fisik secara rutin diantaranya:

Mengendalikan kadar kolesterol, mengendalikan stres, mengurangi kecemasan, memperbaiki kelenturan sendi dan kekuatan otot, memperbaiki postur tubuh, dan menurunkan risiko keropos tulang (osteoporosis) pada wanita.

Untuk diketahui, kegiatan Bisik yang digelar komunitas Teras Bahasa berjalan lancar. Ada 60 peserta yang hadir dalam kesempatan tersebut.

Ketua Pelaksana Rizka Apriliana Kumalasari menyampaikan ada tiga sesi materi yang disampaikan kepada para peserta. Sesi pertama ialah kesehatan fisik. Sesi yang kedua. Sedangkan sesi yang terakhir ialah tentang komunikasi.

"Mereka juga mempraktekkan secara langsung materi yang telah disampaikan," katanya.