Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunitas Teras Bahasa Gelar Bisik, Tingkatkan Literasi Parenting kepada Ibu dan Anak

Komunitas Teras Bahasa Gelar Bisik, Tingkatkan Literasi Parenting kepada Ibu dan Anak
Bicara Blitar--
Ada yang berbeda di Aula Kampus I Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar, Ahad, 10 Desember 2023. Ibu-ibu bersama anaknya, dan sejumlah pemuda berada di ruangan tersebut.

Pada waktu itu ada kegiatan Bisik (Bincang Asik) Parenting dengan tema "Sehat dan Bugar Bersama Keluarga" yang digelar komunitas Teras Bahasa. Kegiatan itu juga tak lepas dari peringatan Hari Ibu, 22 Desember mendatang. 

Narasumber dalam kegiatan tersebut merupakan dosen jurusan Pendidikan Olahraga UNU Blitar, Peni Nohantiya. Dia juga merupakan pendiri dari Peni Swimming Club.

Perwakilan Teras Bahasa Ni'ma Rosyidah mengatakan, ada tiga sesi materi yang disampaikan kepada para peserta. Mereka juga mempraktekkan secara langsung materi yang telah disampaikan.

Sesi pertama ialah kesehatan fisik. Di situ dijelaskan teori tentang bagaimana menjaga kesehatan fisik. Narasumber juga memberikan contoh kegiatan fisik yang biasa dilakukan bersama keluarganya.

Sesi yang kedua ialah pemaparan materi gizi. Narasumber menjelaskan pentingnya asupan gizi seimbang untuk keluarga. Di situ juga ditekankan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak saat ini, menentukan masa depan mereka.

Sedangkan sesi yang terakhir ialah tentang komunikasi. Disebutkan komunikasi merupakan bagian yang cukup krusial dalam keberlangsungan sebuah keluarga. Oleh karena itu, menjadi komunikator yang baik pun juga perlu belajar.

“Jadilah komunikator yang baik dengan menjadi pendengar dan berbicara dalam bahasa lawan bicara kita,” kata Ni'ma menirukan penyampaian Peni Nohantiya.

Ni'ma menyebut, para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada narasumber. Mereka terlihat antusias untuk mengikuti kegiatan hingga selesai.

"Setelah tanya-jawab selesai, tak lupa Teras Bahasa memberikan hadiah untuk Bunda yang bertanya," ungkapnya.