Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lahirkan Jurnalis Muda Berintegritas, LPM Laun Blitar Gelar PJTD 2023

Lahirkan Jurnalis Muda Berintegritas, LPM Laun Blitar Gelar PJTD 2023
PJTD LPM Laun STIT Al-Muslihuun Blitar di Aula KUA Kanigoro, Kabupaten Blitar, Minggu (19/11/2023). (Dok. LPM Laun)
Bicara Blitar--Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Laun STIT Al-Muslihuun Blitar menggelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang jurnalistik kepada mahasiswa yang mengikuti pelatihan.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Urusan Agama (KUA) Kanigoro pada Minggu, 19 November 2023 ini diikuti oleh peserta dari tiga universitas yang berbeda di Blitar Raya, yaitu STIT Al-Muslihun Blitar, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar dan Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar.


Dalam kegiatan ini, LPM Laun menghadirkan tiga narasumber yaitu Qithfirul Aziz dengan materi tentang sembilan elemen jurnalistik, Ahmad Murtafian Naja dengan materi tehnik wawancara dan reportase, dan Muhammad Thoha Ma'ruf dengan materi kepenulisan.


Pimpinan Umum LPM Laun, M. Riski Fadila mengatakan, kegiatan PJTD tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar jurnalistik kepada mahasiswa agar mereka dapat menjadi jurnalis yang profesional.


"Kegiatan ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa untuk mengenal apa itu pers dan peran dari pers itu sendiri," kata Riski.


Riski berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan untuk menyuarakan kebenaran dan permasalahan yang mereka lihat di masyarakat.


"Harapannya, apapun permasalahan yang kita lihat, apapun kebenaran yang kita coba untuk kita suarakan, itu dapat disuarakan melalui tulisan," ungkapnya.


Penulis: Farah Nabila