Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

USAID IUWASH Gelar Social Gathering dan Sosialisasi Sanitasi Lingkungan dan Air Minum yang Aman

Social Gathering dan Sosialisasi Sanitasi Lingkungan dan Air Minum yang Aman
Bicara Blitar--
USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH Tangguh) menggandeng Kominfotik Kota Blitar menggelar Social Gathering dan Sosialisasi Sanitasi Lingkungan dan Air Minum yang Aman.

Kegiatan tersebut digelar di Rumah Makan Joglo Djatimalang, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Kota Blitar menjadi salah satu dari delapan kabupaten atau kota di Jawa Timur yang menggelar kegiatan tersebut.

Selain Bumi Bung Karno ada Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kota Malang, Kabupaten Sidoarjo Kabupaten Gresik, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan itu digelar dalam rangka mendukung pengelolaan sumber daya air, perubahan perilaku higieni, dan peningkatan akses air minum dan sanitasi yang aman, adil, dan setara menuju kabupaten/kita berketangguhan iklim.

Apabila merunut Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 59 Tahun 2021 Tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM), pemerintah wajib menyediakan akses layanan air minum dan sanitasi aman untuk seluruh masyarakat sesuai dengan SPM.

Lahan kritis mempengaruhi sumber daya air, khususnya kuantitas air baku. Sedangkan limbah domestik baik cair maupun padat mempengaruhi kualitas air.