Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gandeng Kominfo dan IPNU-IPPNU, Hikmahbudhi Gelar Literasi Digital

Gandeng Kominfo dan IPNU-IPPNU, Hikmahbudhi Gelar Literasi Digital
Bicara Blitar--
Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (Hikmahhudhi) menggelar literasi digital berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan didukung oleh Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) di MTSN 4 Blitar, Jawa Timur. 

Kegiatan seminar tersebut mengambil tema "Manajemen Identitas Digital di Tengah Pesatnya Perkembangan Media Sosial" itu digelar pada Minggu (28/5/2023). 

Kegiatan seminar tersebut di ikuti oleh 224 peserta yang terdiri dari pemuda, mahasiswa, masyarakat, kader IPNU, kader IPPNU, kader Hikmahbudhi dan Kader Gemabudhi. 

Bendahara Umum Hikmahbudhi, Candra Aditiya menyampaikan, di era digital ini, sangat penting bagi kaum milenial untuk mengerti pentingnya literasi digital untuk dapat memberikan pandangannya mengenai literasi digital untuk masyarakat, pelajar maupun mahasiswa. 

"Oleh karena itu tujuan kegiatan literasi digital ini memberikan pemahaman kepada masyarakat, pelajar, mahasiswa untuk bijak dalam menggunakan media sosial, serta untuk menambah wawasan peluang karir maupun mencari sumber informasi di era digital ini," ujar Candra.

Sementara itu, Dirjen Aptika Samuel A. Pangerapan menyampaikan, era saat ini perkembangan teknologi semakin berkembang pesat, akses untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi bisa didapatkan secara cepat dan mudah. 

Bahkan, kata dia, hampir seluruh manusia di dunia ini menginginkan segala hal menjadi lebih praktis dan lebih efisien. 

"Namun, di balik semua kecanggihan yang ada di era digital saat ini tentu memiliki dampak positif dan negatif bagi manusia. Sehingga, literasi digital sangat diperlukan sebagai acuan agar lebih terarah dalam penggunaan teknologi yang semakin berkembang," ungkap Samuel. 

Sementara itu, Ketua PAC IPNU Gandusari Muhammad Syifa Al-Dhorif, memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kominfo RI dan Hikmahbudhi yang telah mengajak berkolaborasi dan bersinergi bersama untuk mengadakan kegiatan ini di wilayah Kecamatan Gandusari.

Dengan begitu, ujarnya, dapat memberikan ilmu dan pengetahuan yang sangat bermanfaat tentang pentingnya media digital dan manajemen keamanan data diri pribadi di media sosial untuk para kader IPNU-IPPNU, pemuda, mahasiswa dan masyarakat sekitar.

"Memang kegiatan semacam inilah yang kita butuhkan per zaman ini, sebagai para generasi penerus bangsa ini kita harus melek digital dan teknologi. Dengan perkembangan teknologi digital yang sangat pesat ini, sudah seharusnya kita tidak hanya mengikuti perkembangan peradaban ini," lanjutnya.

Akan tetapi, katanya, sebagai generasi penerus bangsa kita harus bisa menciptakan peradaban yang baik. Oleh karena itu, dia mengajak berbagai stake holder bersama kalangan masyarakat kita saling melindungi privasi, serta mengatur batasan dalam bermedia sosial.