Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantauan Hilal di Bukit Banjarsari Enggak Terlihat

Pantauan Hilal di Bukit Banjarsari Enggak Terlihat
Bicara Blitar--
Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar menggelar rukyatul hilal penentuan 1 Syawal 2023 di Bukit Banjarsari, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Rukyatul hilal dilaksanakan pada Kamis (20/4/2023) bisa dipastikan hilal tidak terlihat, karena ketinggian hilal hari ini masih sangat rendah. 

"Berdasarkan hisab, hilal belum mencapai ketinggian 2 derajat sehingga hilal dipastikan tidak terlihat, karena batas minimal imkanur rukyah adalah 3 derajat," kata Kusnadi, anggota Lembaga Falakiyah Nahdhatul Ulama (LFNU) Pusat. 

Berdasarkan ketentuan bahwa imkanur rukyah minimal 3 derajat, maka Ramadhan 1444 H digenapkan 30 hari.

Seperti yang dikatakan pembina tim falakiyah MAN 2 Blitar, Qotrun Nada cuaca saat proses rukyatul hilal pada Pos Observasi Bulan (POB) Bukit Banjarsari tertutup awan tebal.

"Cuaca di Bukit Banjarsari awalnya cerah, namun ketika menjelang maghrib arah posisi hilal tertutup oleh mendung," katanya.

Dalam proses penentuan 1 Syawal tahun ini terbilang ramai daripada tahun sebelumnya, dihadiri oleh Kemenag Kabupaten Blitar, LFNU Kabupaten Blitar dan lembaga-lembaga terkait maupun sekedar menjadi pemerhati rukyah.