Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Terlalu Percaya Terhadap Sosial Media

Jangan Terlalu Percaya Terhadap Sosial Media
foto: unsplash/muhammad thoha ma’ruf
Bicara Blitar--
Sosial media menjelma menjadi kebutuhan seluruh manusia. Tidak peduli anak muda, orang tua ataupun anak yang masih duduk di bangku SD.

Di tengah-tengah obrolan, di sela-sela pekerjaan, sosial media menjadi pelipur lelah dan dahaga akan informasi terhadap dunia maupun orang lain.

Namun terlalu banyak mengonsumsi informasi terutama didapatkan dari sosial media tidak baik. Karena tidak semua informasi di dalamnya terbukti kebenarannya.

Baru-baru ini, salah satu youtuber ternama, Agung Hapsah mengunggah videonya yang terbaru. Video itu berjudul 'kenapa jarang upload?'

Video yang Selasa, 6 Desember 2022 sudah ditonton oleh 744 ribu kali itu menjadi menarik. Ada salah satu bagian yang saya memutarnya berkali-kali, yakni di bagian akhir video.

Agung mengatakan, apabila di sosial media kita melihat postingan orang dengan mobil mewah rumah besar, cantik cakep bisa bikin diri kita menjadi rendah, karena membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Menurut Agung, padahal apa yang ada di sosial media tidak sesuai dengan dunia nyata, bisa jadi mobil sewa, rumah orang lain. Wajahnya diedit melalui aplikasi facetoon. "Sosial media itu fake," kata Agung.

Agung juga menyebut, apabila ada pola pikir kurang baik yang perlu diubah oleh orang.

"Kita ada mind set harus update sosial media terus kalau tidak, gak eksis. Kalau gak diupload tidak terjadi. Kalau gak viral gak relevan," lanjut pria kelahiran tahun 1999 ini.

"Semua orang tidak perlu tahu keseharianku seperti apa. Tidak semua hal private harus dipublikasi. Tidak semua hal harus di share. Gak ada salahnya fokus pada diri sendiri. Nikmati kesunyian," imbuhnya.

"Jangan lupa tidak semua hal yang kamu lihat di sosial media itu sesuai realita. Jangan lupa untuk memprioritaskan kesehatan mentalmu daripada status. Jangan lupa untuk log off," pungkasnya.
Muhammad Thoha Ma'ruf
Muhammad Thoha Ma'ruf gampang typo.