Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Puncak Langit Tunggorono di Desa Kalimanis Doko

Melihat Puncak Langit Tunggorono di Desa Kalimanis Doko
Bicara Blitar--
Desa Kalimanis, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar memilih tempat wisata kebanggaan yang patut dikunjungi. Tempatnya adalah Puncak Langit Tunggorono.

Nama Tunggorono diambil dari nama Dusun Tunggorono yang menjadi lokasi keberadaan wisata puncak langit. Lokasinya berada di lereng Gunung Kawi.

Saat berada di Puncak Langit Tunggorono, mata tidak akan berhenti untuk melihat pemandangan sekitar. Segarnya udara ditambah suasana yang asri menjadi sajian tersendiri.

Kepala Desa Kalimanis, Mujiono mengatakan, Puncak Langit Tunggorono menjadi wisata andalan masyarakat Desa Kalimanis. Pemandangan yang indah menjadi suguhan bagi wisatawan yang datang.

"Dengan keberadaan wisata yang berada pada ketinggian 1100 mdpl ini, menjadikan wisatawan dapat melihat pemandangan indah yang ada di bawah. Alam maupun bangunan-bangunan," katanya, Kamis (10/11/2022).
Melihat Puncak Langit Tunggorono di Desa Kalimanis Doko
Menurutnya, selain pemandangan alam dan bangunan yang ada di bawah, wisatawan juga dapat melihat indahnya sunrise (matahari terbit) pada pagi hari. Selain itu, pada sore hari wisatawan juga dapat melihat sunset saat matahari terbenam.

"Intinya di Puncak Langit Tunggorono, wisatawan bisa menikmati banyak fasilitas yang berharga. Terutama pemandangan yang dilihat," jelasnya.

Mujiono juga menjelaskan, bagi wisatawan yang ingin camping, pengelola wisata sudah menyediakan penyewaan tenda. Sehingga pengunjung tidak perlu repot-repot untuk membawa tenda dari rumah.

"Jangan khawatir, di Puncak Langit Tunggorono disediakan tempat parkir yang luas, serta gazebo-gazebo yang cocok untuk tempat nongkrong wisatawan yang ingin bersantai. Ataupun aula untuk rapat juga tersedia," ujarnya.
Melihat Puncak Langit Tunggorono di Desa Kalimanis Doko
Membuka Investor: Lebih lanjut, Mujiono mengungkapkan, pengelola wisata Puncak Langit Tunggorono membuka Investor yang ingin berinvestasi di tempat wisata tersebut. Tujuannya, agar wisata itu bisa terus berkembang dan lebih maju.

"Bagi yang ingin berinvestasi di sini, dibuka selebar-lebarnya. Tinggal berikan saja konsep dan gagasan yang ingin diberikan di tempat wisata ini (Puncak Langit Tunggorono)," tandasnya.

Mujiono berharap, meskipun saat ini belum ada investor, masyarakat terus berupaya dalam mengembangkan wisata Puncak Langit Tunggorono yang berada di desanya. Cara yang dilakukan dengan terus mempromosikan kepada pihak luar.

"Ayo kita bersama-sama memajukan Desa Kalimanis dengan cara mengenalkan potensi-potensi yang dimiliki kepada pihak luar. Agar mereka mengenal dan datang ke desa kita," pungkasnya. 
Muhammad Thoha Ma'ruf
Muhammad Thoha Ma'ruf gampang typo.