Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejak Tahun 85 Jadi Tukang Sol Sepatu di Pasar Legi Kota Blitar

Bicara Blitar--Siang itu di tengah cuaca panas, nampak laki-laki paruh baya sedang menjahit sepatu. Dia begitu teliti untuk menjaga aset sisinya.

Sukadi, laki-laki berusia 69 tahun itulah yang menjahit sepatu. Sambil menyelesaikan jahitan pada sepatu, dia bercerita sekilas.

Warga Lingkungan Dawuhan, Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjen Kidul itu menceritakan, dia menjahit sepatu sejak tahun 1985. Sampai saat ini pekerjaan itu tetap digelutinya.

Sebelum dirinya, kata Sukadi, ada orang lain yang lebih awal menjahit sepatu di area Pasar Legi, Kota Blitar. Namun, orang yang dimaksud Sukadi telah meninggal dunia.

Sukadi memilih area Pasar Legi sebagai lapak yang digunakan untuk menjahit karena tempat tersebut kemungkinan besar akan selalu ramai. Dengan demikian, potensi pelanggannya akan lebih banyak.

Namanya juga orang bekerja, pekerjaan yang dilakoni Sukadi juga tak luput dari kendala. "Kendalanya itu kadang kalau hujan mas, jadi sepi," kata dia, Rabu, 19 Oktober 2022.

Menurutnya, servis sepatu berupa jasa sol sepatu ramai pada saat musim anak sekolah. "Lek ora enek cah sekolah ora payu mas," pungkasnya.

Muhammad Thoha Ma'ruf
Muhammad Thoha Ma'ruf gampang typo.