Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Football dan Football

alamystockphoto.com
alamystockphoto.com










Football atau sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di dunia, seperti yang sudah anda ketahui football atau sepakbola ini merupakan permainan yang dilakukan oleh 22 orang yang terdiri dari 2 tim.

Setiap tim yang bertanding terdiri dari 11 pemain, yaitu 10 outfield player dan 1 penjaga gawang. Permainan ini dimainkan dengan tim yang mencetak gol lebih banyak yang akan jadi pemenang.

Permainan ini dimainkan selama 90 menit (2x45) dalam format liga, sementara itu dalam format turnamen juga dimainkan selama 90 menit, jika dalam 90 menit hasilnya masih seri, pertandingan akan dilanjutkan dalam waktu 30 menit(2x15) jika masih seri akan dilanjutkan ke adu penalti.

Football sendiri merupakan istilah yang dipakai banyak negara di dunia untuk menyebut sepakbola. Namun, berbeda dengan Amerika. Amerika lebih suka menyebut Football dengan istilah Soccer.

Uniknya, istilah soccer sendiri bukan berasal dari Amerika melainkan dari Inggris, namun orang Inggris lebih suka menyebutnya dengan Football dan membenci istilah Soccer.

Amerika bukan satu-satunya negara menggunakan istilah Soccer, Australia juga menggunakan istilah Soccer sebagai julukan tim nasionalnya "The Socceroos". Namun, federasi sepakbola Australia memakai istilah Football, FFA(Football Federation Australia).


Sementara itu, Football di Amerika adalah permainan yang dimainkan 22 orang, masing-masing 11 orang per tim.

Perbedaan dengan permainan Football yang lain adalah permainan ini menggunakan bola yang berbentuk oval, dan dimainkan dengan membawa bola dengan tangan sambil berlari, atau dilempar ke rekan satu tim sampai gerak maju satu tim berhasil dihentikan lawan,

Skor dicetak dengan membawa atau meletakkan bola diluar garis gawang lawan atau endzone atau menendangnya sampai melewati garis gawang.

Permainan ini dimainkan selama 60 menit, yang dibagi menjadi 4 babak yaitu 15 menit per babaknya. Tim yang mencetak skor lebih banyak pemenangnya. Namun, permainan bisa saja seri apabila tidak ada pemenang setelah perpanjangan waktu.

Permainan ini diawasi secara ketat karena melibatkan kontak fisik antar pemain, dan waktu bermain dihitung secara teliti detik demi detik.
Ahmad Faried Shidiqy
Ahmad Faried Shidiqy Bukan penulis.