Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Desa Karanggayam Srengat

Sejarah Desa Karanggayam Srengat
Kantor Desa Karanggayam. (foto: Sofian/google maps)
Bicara Blitar--
Sampai dengan hari ini kisah Desa Karanggayam memang diakui kurang banyak diketahui. 

Awal mulanya sejarah desa ini, menurut penuturan sebagian warga karena Desa Karanggayam tidak dapat dilepaskan dari peristiwa lahar dingin yang menutup semua wilayah desa. 

Sebagian para tetua mengakui bahwa asal usul Desa Karanggayam adalah Ki Ageng Niten yang saat ini peninggalannya masih tersisa di sisi timur desa.

Cerita lain mengatakan bahwa Desa Karanggayam didirikan oleh orang dari Mataram. Peninggalan yang tersisa adalah kuburan tua di sisi barat desa bagian utara. 

Konon yang dikubur di situ bernama Mbah Sentono Gedong Pakel. Dia adalah pelarian pasukan Mataram akibat pergolakan politik. 

Mbah Sentono ini kemudian bermukim di kawasan rawa yang kebetulan banyak ditumbuhi pohon Gayam. 

Cerita lain mengatakan bahwa pohon Gayam sampai sekarang tumbuh besar di dimensi lain, tepat dilokasi kuburan tua tersebut.

Pada masa zaman penjajahan Belanda, salah satu anak keturunan Mbah Sentono Gedong Pakel yang bernama Mbah Onggo menjadi Demang pertama Kademangan Karanggayam.

Menurut cerita para tetua desa, Desa Karanggayam terbentuk sebagai sebuah Pemerintahan sejak tahun 1815 dengan Kepala Desa pertama bernama Kromo Diwiryo. 

Sepeninggal Kromo Diwiryo, secara turum temurun kemudian kepala Desa silih-berganti sampai dengan sekarang ini.

sumber: website Desa Karanggayam
Muhammad Thoha Ma'ruf
Muhammad Thoha Ma'ruf gampang typo.