Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asal-usul Nama Dusun-dusun di Desa Dayu Nglegok

Asal-usul Nama Dusun-dusun di Desa Dayu Nglegok
Kantor Desa Dayu. (foto: website Desa Dayu)
Bicara Blitar--
Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar memiliki tiga dusun, yakni Dusun Sanan, Dusun Dayu dan Dusun Kambingan.

Dusun Sanan

Dusun Sanan merupakan bagian selatan dari Desa Dayu. Asal mula nama Sanan berasal dari nama sebuah pohon yaitu “pohon sono”. Memang di Dusun Sanan banyak tumbuh pohon Sono.

Sehingga dapat di pastikan bahwa pemberian nama Dusun Sanan oleh sesepuh-sesepuh Desa Dayu, dikarenakan banyaknya pohon sono yang tumbuh di kawasan tersebut, yang kemudian oleh para sesepuh diganti menjadi Sanan.

Dusun Dayu

Dusun Dayu diambil dari sebuah telaga yang terletak di Desa ini, telaga tersebut bernama “Sendang Sedayu” kata dayu diambil dari kata “sedayu”.

Menurut cerita para sesepu-sesepuh sendang ini bila tidak ditutup akan menjadi rawa, sehingga oleh masyarakat di Desa Dayu ditanami pohon aren.

Sehingga pohon aren ini dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Dayu sebagai mata pencarian.

Dusun Kambingan

Dusun Kambingan merupakan bagian timur dari Desa Dayu.

Menurut cerita para warga yang dituakan di dusun ini, menjelaskan bahwa asal mula nama Dusun Kambingan terjadi karena adanya amanah dari nenek moyang terdahulu yang berpesan untuk memberi nama Dusun ini dengan nama Dusun Kambingan.

Alasan dari nenek moyang masyarakat yang tinggal di dusum ini karena sebelum nenek moyang masyarakat tinggal di Dusun Kambingan, sudah ada banyak kambing yang tinggal di dusun itu.

Nenek moyang itu menggangap kambing tersebut merupakan suatu hal yang dihargai atau dihormati pada masa itu. Sehingga masyarakat yang tinggal di Dusun Kambingan tidak boleh menjual sate kambing.

sumber: website Desa Dayu