Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Anas Urbaningrum Tokoh Nasional Asal Blitar

Mengenal Anas Urbaningrum Tokoh Nasional Asal Blitar
Anas Urbaningrum. (foto: Bicara Blitar)
Bicara Blitar--Anas Urbaningrum adalah salah satu tokoh nasional yang berasal dari Blitar. Dengan kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya.

Anas merupakan sosok yang kalem dan cerdas. Dia sangat piawai dalam berbicara. Tenang dan berwibawa merupakan ciri khasnya.

Anas Urbaningrum lahir di Desa Ngaglik, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar pada 15 Juli 1969.

Anas remaja sudah menjadi sosok yang cerdas dan menjadi teladan. Ia aktif berorganisasi sejak duduk di bangku SMP.

Saat itu dia bersekolah di MTsN Kunir, Wonodadi Blitar (saat ini MTsN 3 Blitar). Saat di SMAN 1 Srengat pun juga demikian, ia aktif berorganisasi.

Dalam hal akademik Anas selalu menjadi jawara. Dia pernah menyabet lulusan terbaik Universitas Airlangga Surabaya saat masih kuliah.

Anas melanjutkan studi Magister di Universitas Indonesia mengambil program Sains Ilmu Politik. Untuk program doktor, Anas melanjutkan di Universitas Gajah Mada.

Saat menjadi mahasiswa, Anas tercatat pernah menjabat sebagai Ketua Umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) 1997-1999.

Dua tahun berselang, Anas terpilih menjadi komisioner KPU tahun 2001-2005. Sebelumnya dia menjadi tim persiapan pembentukan KPU.

Usai menjadi komisioner KPU, Anas terjun di dunia politik dengan bergabung bersama Partai Demokrat yang saat itu dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono.

Anas tercatat sebagai pimpinan partai yang muda. Ia terpilih menjadi Ketua Fraksi Partai Demokrat saat usianya baru 40 tahun.

Saat mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI, Anas berhasil mengantongi suara paling banyak di dapilnya yakni Jawa Timur VII, yang terdiri dari Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten dan Kota Blitar, serta Tulungagung.

Kongres kedua Partai Demokrat yang kedua semakin melambungkan namanya. Dia terpilih menjadi Ketua Umum setelah mengalahkan dua pesaingnya, Andi Mallarangeng dan Marzuki Alie.
Muhammad Thoha Ma'ruf
Muhammad Thoha Ma'ruf gampang typo.