Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kabar Trenggalek Beri Pelatihan Website kepada Mahasiswa

Cara Kabar Trenggalek Beri Pelatihan Website kepada Mahasiswa
Mahasiswa yang mengikuti pelatihan di Kantor Kabar Trenggalek, Sabtu (22/1/2022). (foto: Bicara Blitar)
Bicara Blitar--Kabar Trenggalek mempunyai cara tersendiri untuk memberikan pelatihan website kepada mahasiswa. Cara yang dilakukan dengan memberikan pendampingan secara intensif selama berjam-jam.

Pelatihan tu digelar secara langsung di Kantor Kabar Trenggalek yang berlokasi di Jl. Kanjeng Jimat, Trometan, Desa Surodakan, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek, Sabtu (22/1/2022).

Berdasarkan jadwal, pelatihan dari Kabar Trenggalek itu berlangsung selama dua hari. Mulai Sabtu (22/1/2022) pagi sampai Minggu (23/1/2022) pagi.

Langkah yang dilakukan oleh Kabar Trenggalek merupakan upaya dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM) dari mahasiswa. Karena dirasa masih banyak mahasiswa yang belum memahami secara penuh tentang website.

Peserta yang mengikuti jalannya pelatihan berasal dari pers mahasiswa di lima kampus yang berada di Mataraman. Tiga dari kampus yang ada di Blitar, sementara sisanya berasal dari Tulungagung.

Kelima kampus itu ialah: 
1. Universitas Islam Balitar Blitar
2. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Muslihuun Blitar
3. Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
4. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
5. Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Sedangkan perwakilan dari Kabar Trenggalek sendiri dihadiri oleh Trigus D. Susilo, yang juga bertindak sebagai narasumber. 

Hujan yang mengguyur Kabupaten Trenggalek siang itu tidak menyurutkan jalannya kegiatan. Forum pelatihan berjalan sangat aktif. Hal itu terlihat dari pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mahasiswa.

Trigus sapaan akrab Trigus D. Susilo menjelaskan dengan telaten setiap materi kepada para mahasiswa. Satu per satu materi dikupas secara mendalam untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa.

Ada sejumlah materi yang dikupas dalam kesempatan itu. Pertama, materi terkait dengan domain. Kedua, optimalisasi search engine optimation (SEO). Ketiga, cara membuat konten yang baik.

Menurut Trigus yang juga merupakan web master Kabar Trenggalek, materi-materi tersebut sangat penting untuk dipahami. Karena merupakan kunci untuk membangun sebuah website agar dapat berjalan secara maksimal.

Tidak berhenti sampai disitu, Trigus juga menceritakan perjalanannya dalam membangun website yang dikelolanya. Jerih payah yang dilakukannya juga tak luput untuk diceritakan kepada mahasiswa. 

Dirinya menceritakan perjalanannya membangun website semata-mata untuk memberikan semangat kepada mahasiswa untuk terus belajar. Apalagi membangun website memerlukan ketekunan dan kedisiplinan.

Trigus juga bercerita, saat dulu ia membangun website, lebih banyak belajar secara otodidak daripada mengikuti pelatihan ataupun seminar yang digelar pihak tertentu. Karena jerih payahnya dahulu, kini website yang dikelolanya dapat terbangun dengan baik.

Lebih dari itu, untuk menguji kemampuan mahasiswa, Trigus tak lupa memberikan tantangan kepada mahasiswa. Tantangan itu berupa menulis artikel sebanyak 300 hingga 700 kata.

Tantangan yang diberikan blogger sukses asal Trenggalek itu dijawab dengan kesanggupan para mahasiswa. Agar lebih menarik, tantangan menulis artikel itu diberikan waktu selama satu jam.

Perlu diketahui, Kabar Trenggalek merupakan portal berita yang sering dijadikan acuan utama untuk memperoleh berita, utamanya masyarakat Kabupaten Trenggalek.