Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indahnya Pemandangan Sirah Kencong

 
Indahnya Pemandangan Sirah Kencong
Kebun Teh Sirah Kencong. (foto: zulvia rumaida)

Bicara Blitar--Kabupaten Blitar merupakan gudangnya tempat wisata, wisata pantai, wisata religi, wisata pendidikan dan budaya, serta wisata keindahan alam. Selain wisata keindahan alam, hamparan kebun teh Sirah Kencong yang cuacanya sangat sejuk, tempatnya berada di ereng-ereng Gunung Kawi dan masuk di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.
 
Hamparan tanaman teh yang udaranya sejuk dan segar Selain dapat menikmati keindahan alam yang memesona, wisatawan dapat menikmati dan melihat indahnya matahari terbit di pagi hari serta dapat menjadi saksi pesona keindahan air terjun yang tiada tara.
 
Banyak wisatawan baik lokal maupun nasional bahkan mancanegara telah melihat keindahan alam ini sambil menikmati dan beristirahat di kafe dan disediakan homestay bagi yang ingin menginap. Makanya tempat wisata ini tercatat paling banyak dikunjungi wisatawan dibanding kunjungan lainnya ke Kabupaten Blitar.
 
Dikutip dari petisi.co, Kepala Desa Ngadirenggo, Rizky Rendyana F, Sabtu (14/11/2020), Sirah Kencong merupakan salah satu koleksi wisata Kabupaten Blitar, dimana pengunjung dapat menikmati dua wisata alam sekaligus: perkebunan teh, air terjun, kebun teh dan air terjun.
 
Kebun teh yang berada di bawah pengelolaan PTPN XII Bantaran Plantation Persero ini terletak di ketinggian 1.179 meter di atas permukaan laut, tepatnya di lereng barat daya Gunung Kawi, menghadirkan suasana pegunungan yang sangat sejuk. yang meliputi lahan perbukitan seluas 219,15 hektar, juga dilengkapi dengan jalan setapak dengan akses tangga bagi pengunjung yang berjalan melewati kebun dan bagi petani saat memetik daun teh.
 
"Terdapat kios-kios kayu dengan payung besar sebagai tempat berteduh bagi pengunjung yang ingin bersantai sejenak setelah berjalan melewati taman. Warung makanan tradisional tersedia di dekat tempat parkir. Mereknya yaitu Teh Rolas Ken Tea,” jelas Rizky.
 
Kepala desa termuda Kabupaten Blitar itu menambahkan, air terjun Sirah Kencong yang masih berada di kawasan yang sama cukup tersembunyi. jalan yang cukup terjal sekitar 300m dari tempat parkir Akses jalan cukup baik walaupun sebagian masih berupa jalan tanah bergelombang dan selebihnya berupa jalan beton permanen dengan lebar sekitar 2m.
 
Air terjun dengan ketinggian sekitar 10m ini akan semakin mempesona bila musim hujan tiba.Percikan airnya akan lebih deras namun tetap jernih karena airnya berasal dari mata air alami pegunungan, dengan tiket yang relatif murah wisatawan bisa masuk ke kawasan wisata ini dan yang ikut tidak hanya wisatawan domestik dan lokal saja, tetapi juga banyak wisatawan mancanegara yang telah mengunjunginya sebagai tempat wisata. tempat wisata.